Lompat ke konten
Home » Perawatan Kucing » Cocok Untuk Anak-anak, Begini Cara Merawat Kucing Kecil

Cocok Untuk Anak-anak, Begini Cara Merawat Kucing Kecil

Cara Merawat Kucing Kecil

Tidak semua kucing mudah didekati manusia, namun bukan berarti mustahil terlebih jika anda memilih memelihara anak kucing. Anak kucing biasanya lebih mudah didekati daripada kucing dewasa, serta cocok dipelihara oleh anak-anak. Supaya anabul tetap terawat baik sampai dewasa, ketahui beberapa cara merawat kucing kecil berikut ini.

Cara Merawat Kucing Kecil

Pemberian kucing kecil untuk anak di bawah 12 tahun adalah pilihan yang pas, sebab di usia tersebut anak kucing juga sangat senang diajak bermain dan sangat mudah pendekatan dengan manusia. Rasanya pun sangat lucu jika melihat anak kucing dan manusia kecil bertumbuh bersama. Namun, kucing kecil juga tetap butuh cara perawatan kucing sesuai yang bisa anda ajarkan kepada buah hati.

1. Ajarkan cara gendong yang benar

Anak kecil seringkali begitu bersemangat ketika bermain dengan kucing, namun tak jarang cara mereka menggendong anabul salah besar dan bisa membuat kucing tak nyaman. Cara paling tepat adalah jangan cubit tengkuk lehernya, jangan lempar kucing saat meletakkan ke tanah, dan jangan meremas si Kucing.

2. Berikan lingkungan yang nyaman

Kucing kecil yang lepas dari induknya cukup sensitif terhadap lingkungan sekitarnya, maka dari itu anda yang berencana memelihara anak kucing wajib menciptakan lingkungan nyaman dan tenang dengan menyediakan makanan, air, litter box, mainan, hingga tempat tidur.

3. Latih buang air

Supaya kotoran kucing tak berantakan di sekitar rumah, latih kucing kecil untuk buang air di kotak sanitasi yang anda sediakan. Kenalkan di mana kotak berada, antarkan kucing ke boks sanitasi setiap mereka bangun tidur, selesai makan dan minum. Semakin sering dilatih, kucing akan mulai terbiasa melakukannya sendiri.

4. Kenali tanda bahwa kucing merasa nyaman

Ada beberapa tanda umum bahwa kucing nyaman di dekat manusia, misalnya mendengkur (purring), kneading atau gerakan tangan seperti memijat, menggosokan badannya kepada anda, kedipan perlahan, dan gerak tubuhnya rileks.

5. Jangan memaksa kucing

Cara merawat kucing kecil lainnya yang harus anda dan buah hati ketahui adalah jangan pernah memaksa kucing. Kucing juga punya hak untuk dihormati dan kenali beberapa tanda anabul sedang tidak mau disentuh mulai dari:

  • Menggerak-gerakan ekor
  • Telinga datar sejajar kepala
  • Pupil mata membesar
  • Kulit dan bulunya di punggung bergerak-gerak
  • Menggeram
  • Berjalan menjauhi manusia
  • Grooming mandiri
  • Enggan disentuh pada bagian perut

6. Perhatikan perubahan kucing

Kucing bisa menunjukkan reaksi berbeda dari biasanya jika ada sesuatu yang mengganggu, misalnya ketika merasakan sakit. Bila dirasa janggal, segera kontak dokter hewan untuk mendapatkan jawaban.

Kesimpulan

Itu dia keenam cara merawat kucing kecil yang nyatanya tidaklah sulit dan bisa anda lakukan bersama-sama dengan buah hati di rumah. Semoga artikel ini bisa membantu dalam mengurus anak kucing.