Lompat ke konten
Home » Perawatan Kucing » 4 Biaya Perawatan Kucing Yang Harus Disiapkan Demi Kualitas Hidup Lebih Baik

4 Biaya Perawatan Kucing Yang Harus Disiapkan Demi Kualitas Hidup Lebih Baik

Biaya Perawatan Kucing

Biaya perawatan kucing tak hanya melulu menyoal pemeriksaan kesehatan ke dokter hewan. Kualitas makanan yang diberikan hingga kenyamanan lingkungan dipengaruhi juga dari anggaran yang Anda alokasikan untuk kebutuhan tersebut. Akan lebih baik lagi kalau anggarannya sudah dipertimbangkan sebelum mengadopsi atau mengurus kucing.

Setidaknya ada empat kebutuhan utama yang perlu Anda hitung anggarannya untuk perawatan kucing. Kebutuhan-kebutuhan tersebut mencakup:

1. Biaya makan

Biaya yang dialokasikan untuk makan dan minum kucing dapat berbeda mengikuti ras, kondisi kesehatan, dan usianya. Ada dua jenis makanan yang umumnya tersedia berdasarkan produksinya, yakni wet food dan dry food. Keduanya menawarkan kelebihan dan kekurangan yang patut dipelajari.

Anda yang masih bingung harus memilih jenis makanan dapat mendiskusikannya bersama dokter. Berikan juga secara bertahap seandainya Anda mengadopsi kucing yang dulunya adalah stray. Hal ini disebabkan mereka dulunya memakan apa saja untuk bertahan hidup.

2. Biaya kebersihan

Produk kebersihan untuk kucing semakin mudah ditemukan di pasaran, baik offline maupun online. Harganya sendiri bervariasi dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Anda harus cermat memilih supaya perawatan kucing tak berujung pada masalah yang membahayakan kesehatannya.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah memperhatikan komposisi bahan. Pastikan bahan-bahan yang digunakan sudah aman untuk bulu kucing dan amat saat dijilat. Sekali lagi, konsultasikan bersama dokter agar biaya perawatan kucing yang Anda siapkan tak sia-sia.

3. Biaya Perawatan kucing

Tak sedikit pemilih kucing kelabakan membeli perlengkapan, entah gara-gara harga murah atau bingung memilih yang sesuai. Maka dari itu, Anda disarankan menulis daftar prioritas supaya kucing menerima perlengkapan maupun aksesori yang mereka butuhkan.

Kandang, tempat makan dan minum, dan boks untuk buang air adalah sejumlah perlengkapan yang patut Anda prioritaskan. Sesuaikan juga dengan jumlah kucing yang dipelihara dan akses ruangan di rumah. Jadi, Anda tak akan kesulitan saat mengaturnya.

4. Biaya kesehatan kucing

Satu lagi dan yang tak kalah penting adalah biaya kesehatan. Bahkan untuk kucing yang menurut Anda sehat, pemeriksaan berkala perlu dilakukan sebagai bentuk antisipasi. Biaya untuk kebutuhan ini biasanya meliputi vaksinasi, suplemen, dan grooming untuk menjaga kebersihan tubuh.

Anda juga harus menyiapkan tabungan khusus untuk berjaga-jaga. Pasalnya tak jarang akan ada pengeluaran mendadak, misalnya untuk menangani kucing yang kena kecelakaan maupun penyakit yang memerlukan tindakan cepat. Jika memungkinkan, pakai asuransi hewan untuk meringankannya.

Memang biaya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan di atas melebihi yang Anda perlukan sehari-hari. Namun, dengan memperkirakan biaya perawatan kucing sejak awal, para pemilik hewan diharapkan dapat menyadari kondisi finansial mereka. Jadi, tak akan ada pihak yang dirugikan untuk meningkatkan kualitas hidupnya.