Lompat ke konten
Home » Perawatan Kucing » 4 Cara Merawat Kucing Dengan Baik Agar Tumbuh Lebih Sehat

4 Cara Merawat Kucing Dengan Baik Agar Tumbuh Lebih Sehat

Cara Merawat Kucing

Seperti yang kita tahu bahwa kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai karena memiliki wajah yang lucu, tingkahnya menggemaskan, dan bulunya yang lembut. Akan tetapi, perlu dipahami bahwa cara merawat kucing tidak hanya sebatas memberi mereka makan saja loh. Anda juga harus memperhatikan kesehatan tubuh, bulu, dan membuatnya selalu ceria. Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara perawatan kucing yang tepat, khususnya untuk Anda yang baru saja ingin mengadopsi kucing sebagai hewan peliharaan di rumah.

Cara Merawat Kucing

Untuk Anda yang baru saja mulai memelihara kucing di rumah dan masih bingung terkait cara merawat kucing dengan baik, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya yaitu:

1. Memberikan Makanan Secara Teratur

Hal pertama dalam merawat kucing yang paling penting yaitu memberi makan sesuai dengan kebutuhan mereka. Makanan kucing yang Anda pilih harus sesuai dengan tahap tumbuh kembangnya. Perlu diketahui bahwa kucing memerlukan taurin dan juga asam amino esensial di dalam makanannya untuk menjaga kesehatan mata serta jantung. Oleh karena itu, Anda perlu memberi mereka dry food, karena jenis makanan tersebut sudah mengandung nutrisi tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan kucing peliharaan daging ayam, sapi, hati ayam, dan juga ikan yang sudah matang atau dimasak. Pastikan Anda tidak memberikan makanan mentah, ikan berduri, atau makanan busuk kepada kucing. Kemudian, cara merawat kucing yang baik dan benar yaitu jangan lupa untuk memberi mereka camilan sebanyak 5 sampai 10 persen dari makanan utamanya.

2. Sisir Bulu Kucing Setiap Hari

Cara merawat kucing untuk menjaga kesehatannya yaitu dengan menyisir bulunya setiap hari. Kebiasaan tersebut dapat mendekatkan Anda dengan mereka. Tak hanya itu saja, dengan menyisir bulunya, maka akan mencegah bulu terlihat kusut atau gimbal, terlebih pada kucing yang memiliki bulu panjang.

3. Sediakan Litter Box

Sediakan litter box di dalam kandangnya untuk kucing buang air. Pastikan untuk memilih pasir kucing yang tidak berdebu supaya kucing tidak mudah sakit atau bersin-bersin. Sebaiknya, Anda juga menyediakan litter box setidaknya lebih dari satu buah. Dengan adanya litter box yang cukup, maka kucing Anda akan memiliki alternatif lain jika mereka sedang bosan dengan litter box satunya.

4. Sediakan Tempat Minum Kucing

Sama halnya seperti manusia dan makhluk hidup lainnya, kucing juga butuh minum untuk menjaga kesehatan. Dengan mencukupi kebutuhan minumnya, kucing bisa terhindar dari dehidrasi dan penyakit saluran kemih lain.

Itulah beberapa cara merawat kucing yang baik dan benar agar mereka bisa tumbuh dengan sehat dan bahagia. Semoga bermanfaat.