Lompat ke konten
Home » Perawatan Kucing » 9 Perawatan Kucing Sakit Flu Dengan Bahan Alami

9 Perawatan Kucing Sakit Flu Dengan Bahan Alami

Perawatan Kucing Sakit

Kucing yang mengalami flu tentu sangat mengganggu aktivitas si kucing. Kesehatan kucing menurun yang bisa berdampak lebih serius jika tidak segera mendapatkan perawatan yang benar. Lantas bagaimana perawatan kucing sakit flu dengan bahan alami? Untuk mengetahuinya, simak artikel ini!

Penyebab Penyakit Flu pada Kucing

Penyakit flu pada kucing bisa terjadi karena beberapa penyebab. Kasus flu pada kucing terjadi hampir 90% diakibatkan oleh feline herpesvirus atau FHV, feline calicivirus (FCV), dan feline herpesvirus type 1 (FHV-1).

Bukan hanya itu, penyebab lainnya adalah bakteri yang bisa menimbulkan gejala flu pada kucing, contohnya Chlamydophila felis dan Bordetella bronchiseptica. Layaknya flu pada manusia, flu kucing juga bisa menular secara tidak langsung.

Kucing yang pernah mengalami flu tetap menjadi pembawa virus yang bisa menularkan kepada kucing lainnya. Tanda-tanda kucing terkena flu adalah:

  1. Sariawan
  2. Pilek
  3. Keluar Ingus
  4. Batuk dan tersedak
  5. Bersin
  6. Demam
  7. Liur keluar berlebihan

Perawatan Kucing Sakit Flu Secara Alami

Penyakit flu pada kucing tidak melulu harus diobati dengan obat dokter. Ada beberapa perawatan kucing anggora, persia, mix dome, dan jenis kucing lainnya saat sakit flu yang bisa diobati dengan cara alami berikut ini:

1. Tidak Memandikan Kucing

Kucing yang sedang flu jangan dimandikan terlebih dahulu. Pemilik harus menjaga tubuh kucing agar tetap hangat dan kering. Untuk membersihkannya, lebih baik memakai kain lembab dengan mengusapnya secara perlahan di bulu yang kotor.

2. Bersihkan Ingus Kucing

Ingus kucing mengandung bakteri dan kuman, maka agar tidak menular ke kucing lain segera bersihkan memakai cotton bud atau kapas setiap saat. Untuk lebih mudah bersihkan dengan air hangat.

3. Jemur Kucing

Menjemur kucing di bawah sinar matahari secukupnya bisa membantu membuat tubuh kucing semakin hangat. Jemur kucing sekitar 10 hingga 15 menit agar kucing tidak dehidrasi.

4. Memberikan Makanan Bernutrisi

Kucing membutuhkan makanan bernutrisi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuhnya. Maka kucing harus makan cukup dengan gizi yang baik akan menunjang proses penyembuhan penyakit flu dengan lebih cepat.

5. Karantina Kucing

Kucing yang sedang flu sebaiknya jangan diumbar karena bisa menulari kucing lainnya. Lebih baik karantina dahulu dengan memisahkan dari kucing lainnya agar kucing cepat pulih.

6. Berikan Madu

Madu menjadi obat alami pada kucing yang bisa meredakan flu. Pemilik bisa memberikan madu memakai pipet atau dilarutkan langsung ke air minum kucing. Berikan madu setiap 1 x 4 jam untuk menunjang kesehatan kucing.

7. Memberikan Kuning Telur

Kuning telur bisa mendukung proses penyembuhan penyakit flu pada kucing. Pemberian kuning telur bisa seminggu dua kali. Untuk hasil terbaik campurkan kuning telur dengan madu.

8. Memakai Cuka Apel

Memberikan cuka apel bisa meredakan flu kucing. Cuka apel bisa menjaga pH tubuh tetap seimbang. Caranya adalah dengan mencampurkan teh cuka apel setengah sendok ke makanan basah maupun air minum kucing.

9. Mengatasi Stres Kucing

Kucing yang stres berisiko terkena penyakit, bukan hanya flu. Untuk itulah, pemilik kucing harus mengatasi stres kucing yang sedang dialami. Caranya dengan memberikan waktu tidur yang terbaik, mengajak kucing bermain, dan sebagainya.

Demikianlah perawatan kucing sakit flu secara alami yang penting diketahui oleh cat lovers agar kucing kembali sehat. Semoga membantu!