Lompat ke konten
Home » Perawatan Kucing » 5 Cara Merawat Kucing Anggora Yang Tepat, Pecinta Anabul Wajib Tahu!

5 Cara Merawat Kucing Anggora Yang Tepat, Pecinta Anabul Wajib Tahu!

Cara Merawat Kucing Anggora

Kucing Anggora memang menjadi salah satu hewan peliharaan yang cukup digemari karena memiliki wajah yang menggemaskan dan bulu lebat. Terlebih lagi, jenis kucing ini juga mempunyai karakter yang manja dan selalu mencari perhatian pemiliknya. Jadi sangat cocok untuk dijadikan sebagai kucing rumahan. Tapi perlu Anda ketahui bahwa cara merawat kucing Anggora cukup berbeda dari kucing pada umumnya. Sebab, bulu kucing ini sangat lebat sehingga memerlukan perawatan khusus.

Cara Merawat Kucing Anggora

Cara perawatan kucing Anggora ini harus dilakukan dengan cara yang tepat agar bisa tumbuh dengan bulu lebat dan sehat. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara merawat kucing Anggora yang perlu Anda terapkan, antara lain:

1. Sediakan Kandang yang Tepat

Bagi hewan peliharaan seperti kucing, kandang adalah rumah bagi mereka. Oleh karena itu, pilih kandang yang luas supaya kucing bisa bermain dengan leluasa dan tidak mudah stres. Tak hanya itu saja, Anda juga harus isi kandang mereka dengan mainan dan pasir supaya mereka lebih nyaman.

Anda bisa memilih kandang bertingkat agar bisa memisahkan setiap tingkatannya. Di bagian atas dapat dijadikan sebagai tempat bermain, lantai dua digunakan untuk tempat tidur, dan paling bawah untuk tempat makan.

2. Beri Makanan yang Tepat

Cara merawat kucing Anggora yang paling penting dilakukan adalah memberikan mereka makanan yang tepat agar bisa tumbuh dengan baik dan terhindar dari berbagai penyakit. Pastikan Anda memilih makanan kucing dengan protein tinggi. Lalu berikan makanan tersebut minimal dua kali sehari agar berat badan kucing Anggora bisa bertambah.

3. Merawat Bulu Kucing dengan Baik

Cara berikutnya yaitu dengan merawat bulu kucing dengan baik. Anda hanya perlu menyisir dengan rutin minimal dua kali sehari. Apabila ada bulu yang menggumpal, maka lebih baik digunting saja.. Supaya bulunya terlihat mengkilat, Anda bisa memberikan minyak ikan dengan mengoleskannya secara perlahan di permukaan bulu kucing.

4. Mandikan Kucing Secara Rutin

Meskipun kucing mempunyai sistem pembersihan mandiri, tapi Anda harus tetap mengajaknya mandi minimal seminggu sekali agar kotoran yang menempel bisa terangkat. Jika Anda memandikannya sendiri di rumah, maka usahakan untuk memilih shampo khusus dan keringkan bulunya agar tidak berjamur.

5. Rutin Bawa ke Dokter Hewan

Meskipun kucing Anda tidak sakit, tapi salah satu cara merawat kucing Anggora yang baik adalah dengan rutin membawa mereka ke dokter hewan. Hal ini bertujuan untuk memberi vaksin pada kucing dan memonitor kondisi mereka. Umumnya, kucing Anggora ini bisa hidup sekitar 10 sampai dengan 18 tahun saja. Supaya umurnya lebih panjang, maka Anda harus memberikan vaksin rabies seperti FPV, FIV, FIP, dan lainnya.

Itulah beberapa cara merawat kucing Anggora yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.