Lompat ke konten
Home » Perawatan Kucing » Cara Merawat Kucing Persia Yang Tepat Agar Bulunya Tetap Lebat

Cara Merawat Kucing Persia Yang Tepat Agar Bulunya Tetap Lebat

Cara Merawat Kucing Persia

Kucing Persia adalah salah satu jenis kucing berbulu panjang yang cukup populer dijadikan sebagai hewan peliharaan. Akan tetapi, cara merawat kucing Persia ini cukup sulit. Karena memiliki bulu yang panjang, jadi pastinya akan lebih mudah rontok. Oleh karena itu, perlu cara perawatan kucing khusus agar bisa tumbuh dengan sehat, berbulu lebat, dan cantik.

Dalam memelihara kucing ras berbulu panjang ini, pastinya Anda harus rela mengeluarkan biaya yang cukup besar supaya kucing tersebut tetap sehat. Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana perawatan kucing Persia yang baik dan benar agar mereka menjadi hewan peliharaan yang sehat dan membawa kebahagiaan di dalam rumah.

Cara Merawat Kucing Persia

Berikut ini adalah beberapa cara merawat kucing Persia yang perlu Anda pahami, diantaranya yaitu:

1. Melakukan Grooming Secara Rutin

Karena kucing Persia memiliki bulu yang cukup panjang, jadi perlu perhatian khusus. Bulu kucing harus rutin disikat dan juga disisir setiap harinya agar tidak kusut. Walaupun kucing jenis ini terkenal rajin membersihkan tubuhnya sendiri, tapi memandikannya secara teratur harus tetap Anda lakukan. Anda bisa memandikan kucing Persia dengan sampo khusus yang bisa mencegah kutu dan jamur hinggap di tubuhnya.

2. Bersihkan Area Mata dan Telinga Kucing

Mata kucing Persia memang cenderung mudah berair serta mengeluarkan kotoran yang berwarna kecoklatan. Apabila hal tersebut dibiarkan saja, maka noda yang ada di sudut mata kucing bisa melukai matanya sendiri. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk rutin membersihkan kotoran pada matanya setiap hari dengan memakai handuk lembut yang telah dibasahi dengan air hangat. Lalu usapkan pada bagian mata secara perlahan.

Selain area mata, Anda juga perlu membersihkan area telinga kucing dengan meneteskan cairan khusus untuk membersihkan kotoran pada telinga kucing. Anda bisa mendapatkan obat tetes ini di pet shop terdekat.

3. Potong Kuku dan Sikat Gigi Secara Rutin

Cara merawat kucing Persia selanjutnya yaitu dengan rutin memotong kuku dan sikat giginya. Ketika masih berusia anak-anak, sangat dianjurkan untuk memotong kuku kucing setidaknya seminggu sekali. Namun jika sudah dewasa, Anda perlu melakukannya minimal 2 sampai 3 minggu sekali.

Dengan memotong kuku kucing secara teratur, maka hal tersebut bisa mencegah kucing merusak benda-benda yang ada di dalam rumah. Tak hanya itu saja, Anda juga dianjurkan untuk menyikat gigi kucing secara rutin untuk mencegah adanya plak yang bisa membuat kucing mudah terserang penyakit.

4. Vaksin

Selain manusia, kucing Persia juga perlu vaksinasi untuk mencegah berbagai macam virus dan penyakit mengancam kesehatannya. Vaksinasi ini harus dilakukan oleh dokter hewan dengan syarat kucing dalam kondisi sehat dan memiliki berat badan minimal satu kilogram.

Itulah beberapa cara merawat kucing Persia yang harus Anda pahami. Semoga bermanfaat.