Lompat ke konten
Home » Perawatan Kucing » 6 Perawatan Kucing Persia Untuk Menjaga Kesehatan Dan Kecantikan Bulunya

6 Perawatan Kucing Persia Untuk Menjaga Kesehatan Dan Kecantikan Bulunya

Perawatan Kucing Persia

Sebagai ras kucing terpopuler, kucing Persia memiliki peminat yang cukup banyak. Keindahan bulunya yang panjang adalah salah satu faktor yang membuatnya selalu mengundang decak kagum. Di sisi lain, Anda harus memberikan perawatan kucing Persia yang tepat, sebab kalau dibiarkan bulunya yang indah akan rontok, kotor, dan tampak kusam.

Pemeliharaan yang diberikan sebenarnya tak terlalu sulit. Selain pemeriksaan rutin ke dokter hewan, Anda dapat menerapkan langkah-langkah berikut:

1. Perawatan Kucing Persia Dengan Mandi dan sisir teratur

Kucing sebenarnya termasuk hewan yang senang merawat diri sendiri. Namun, untuk ras berbulu panjang seperti kucing Persia, memandikannya secara teratur akan membantu dalam menjaga kebersihan dan kelembapan. Imbangi juga dengan menyisirnya secara rutin untuk mencegah bulu kusut, rusak, atau rontok.

2. Asupan gizi dan nutrisi cukup

Selain dari luar, perawatan kucing ras Persia bisa Anda berikan dari dalam. Caranya adalah dengan mengatur asupan gizi dan nutrisi mereka. Sediakan makanan dengan sumber lemak omega-3 serta omega-6 yang dapat menjaga kesehatan dan kecantikan bulu. Berikan juga suplemen seperti minyak ikan atau zaitun untuk menunjang hasil perawatannya.

3. Periksa kesehatan kulit

Bulu panjang serta lembut milik kucing Persia sayangnya kerap dijadikan tempat berkembangbiak para kutu. Maka dari itu, Anda harus memeriksakan kesehatan kulit sang hewan peliharaan supaya dokter bisa langsung memberikan tindakan. Membiarkan kutu berkeliaran di antara bulu-bulu panjang tak hanya menimbulkan gatal, tetapi sampai risiko infeksi.

4. Cek kondisi gigi, mata, dan telinga

Perawatan kucing Persia selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah mengecek kondisi gigi, mata, serta telinga. Anda dapat menyikat gigi untuk mencegahnya kotor. Begitu pula mata dan telinga yang kerap menjadi tempat menumpuknya kotoran serta lendir yang mengganggu. Jika ragu untuk memberikan perawatan sendiri, Anda bisa pergi ke tempat grooming hewan.

5. Perawatan kucing Persia dengan menjauhkan dari pemicu stres

Kucing dapat mengalami stres, entah dari lingkungan maupun perlakuan pemiliknya. Dampaknya bahkan merembet ke kondisi fisik, termasuk bulu panjangnya. Maka, Anda harus memastikan kucing Persia yang dipelihara menerima treatment yang layak. Ajak mereka bermain dan berinteraksi untuk mencegah risiko kesepian yang berhubungan dengan stres.

6. Bersihkan kandang dan tempat makan

Kotoran yang menempeli bulu kucing tak jarang berasal dari sisa makanan atau feses yang tak dibersihkan dengan benar. Jadi, luangkan waktu Anda setidaknya seminggu sekali untuk mencuci kandang dan tempat makan milik kucing. Kalau ada yang rusak, segera ganti sebelum menjadi faktor yang mencelakakan sang hewan peliharaan di kemudian hari.

Perbedaan kepribadian dapat berpengaruh pada cara Anda memberikan perawatan kucing Persia. Dengan kata lain, kenali dulu mereka sebaik mungkin supaya hasil pemeliharaan memuaskan.