Lompat ke konten
Home » Perawatan Kucing » Begini Langkah Mudah Perawatan Kucing 1 Bulan Bagi Pemilik Hewan Peliharaan

Begini Langkah Mudah Perawatan Kucing 1 Bulan Bagi Pemilik Hewan Peliharaan

Perawatan Kucing 1 Bulan

Meskipun perawatan kucing 1 bulan yang baru lahir dikatakan cukup mudah dilakukan, akan tetapi tetap saja dalam hal ini seseorang perlu memperhatikan beberapa langkah penting di dalamnya. Pasalnya, kucing yang baru menginjak usia 1 bulan umumnya memiliki beberapa bagian tubuh yang cenderung masih rentan. Sehingga jika seseorang salah dalam melakukan perawatan, hal ini akan dapat menyebabkan risiko fatal berupa kematian. Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi, maka perlu menyimak informasi seputar beberapa tips perawatan kucing baru lahir berusia 1 bulan berikut ini.

Langkah – Langkah Mudah Dalam Perawatan Kucing Anggora 1 Bulan

Perawatan pada kucing baru lahir yang berusia 1 bulan, umumnya merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan bagi pemilik hewan peliharaan tersebut. Hal ini dikarenakan, anak kucing yang baru lahir biasanya masih mengembangkan beberapa bagian tubuh, memiliki bulu yang belum tumbuh sempurna serta memiliki sistem pencernaan yang masih berkembangan. Di samping itu, anak kucing ini juga dikatakan masih membutuhkan asupan nutrisi yang baik agar dapat menunjang kesehatan dan perkembangannya. Untuk itulah, di bawah ini ada beberapa langkah mudah melakukan perawatan kucing yang berusia 1 bulan.

1. Memberikan asupan susu

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan ketika merawat kucing berusia 1 bulan, yaitu Anda perlu memberikan asupan susu dari induknya langsung. Hal ini karena susu dari induk kucing umumnya memiliki kandungan nutrisi yang memang sangatbagus. Dan nutrisi susu dibutuhkan dalam membantu perkembangan anak kucing tersebut. Apabila anak kucing tidak mendapatkan susu dari induknya, maka pemilik hewan peliharaan tersebut perlu memberikan asupan susu dengan formula khusus di dalamnya. Dalam hal ini, Anda bisa menanyakan dokter hewan terkait nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh bayi kucing tersebut.

2. Kenali pola tidur dalam perawatan kucing 1 bulan

Tidak hanya asupan susu, bayi kucing berusia 1 bulan juga biasanya memiliki pola tidur yang cenderung berbeda dengan kucing dewasa. Diketahui, bayi kucing umumnya memiliki fungsi mata dan indera penglihatan yang cenderung belum sempurna. Sehingga dalam hal ini, Anda perlu mengenali pola tidur dalam melakukan perawatan bayi kucing tersebut. Disini, Anda dapat menjaga kehangatan dan kenyamanan kucing yang baru lahir agar nantinya tidak mengganggu tidurnya.

3. Perhatikan frekuensi makan yang harus diberikan

Yang tidak kalah penting, Anda juga perlu memperhatikan mengenai frekuensi makan yang harus diberikan pada bayi kucing usia 1 bulan. Umumnya, bayi kucing berusia empat minggu pertama hanya membutuhkan asupan susu saja. Dan setelah itu, Anda bisa mulai memberikan makanan pada bayi kucing dengan tekstur yang lunak dan bisa dengan mudah dicerna. Selain itu, perhatikan juga mengenai waktu makan bayi kucing yang baru lahir tersebut.

Demikian tadi beberapa langkah perawatan kucing 1 bulan yang baru lahir, dimana bisa Anda praktekkan sendiri agar dapat menunjang pertumbuhan dan kesehatannya.