Lompat ke konten
Home » Perawatan Kucing » Kucing Maine Coon Juga Ada Cara Perawatan Tersendiri, Inilah Tips Perawatan Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon Juga Ada Cara Perawatan Tersendiri, Inilah Tips Perawatan Kucing Maine Coon

Perawatan Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon merupakan jenis kucing bertubuh besar dan suka berinteraksi dengan manusia. Kucing Maine Coon asalnya dari Wiscasset, Maine Amerika Serikat.

Di kesempatan kali ini, akan dibahas lebih jauh tentang kucing Maine Coon dan perawatan kucing Maine Coon. Mari simak penjelasan secara lengkap berikut ini!

Ciri-Ciri Kucing Maine Coon

  • Tubuh Berukuran Besar

Kucing Maine Coon punya ukuran tubuh besar. Kucing ini bahkan punya tinggi sekitar 40 cm dan panjang 100 cm. Tak hanya itu, kucing ini mempunyai berat kurang lebih 8 kg. Tubuhnya kekar dan berotot dengan dada yang lebar serta kaki kokoh.

  • Bulu Lebat

Kucing Maine Coon mempunyai bulu lebat serta panjang. Namun, bulu bagian baku pendek. Bulu Maine Coon lembut dan halus dengan warna putih solid, biru, merah, hitam, krem, ataupun campuran sejumlah warna.

  • Bentuk Telinga Runcing

Kucing Maine Coon punya bentuk telinga runcing serta besar. Bagian telinganya pun ditumbuhi bulu di bagian atas.

  • Bentuk Wajah

Kucing Maine Coon punya ukuran kepala sedang dan agak lonjong serta moncong persegi. Kucing ini memiliki mata oval besar serta ekspresif. Umumnya, mata kucing ini punya warna emas, hijau, sampai emas kehijauan.

  • Memiliki Ekor Panjang

Jenis kucing ini diketahui punya ekor panjang. Ekornya pun mempunyai bulu lebat melambai.

Cara Merawat Kucing Maine Coon

Sama seperti perawatan kucing anggora, kucing Maine Coon pun ada cara perawatannya. Berikut ini sejumlah langkah perawatan kucing Maine Coon yang perlu Anda ketahui.

  • Sediakan Makanan dan Minuman Tepat

Sediakan makanan sehat dan bernutrisi untuk kucing Maine Coon. Tak hanya itu, berikan pula minuman bersih serta sesuai kebutuhan kucing.

  • Rutin Grooming

Cara rawat kucing Maine Coon selanjutnya, yakni lakukan grooming rutin minimal seminggu satu kali. Anda pun bisa mandikan kucing dengan rutin sebulan sekali. Pastikan memandikan kucing memakai sabun dan shampo khusus.

  • Bersihkan Kandang

Pastikan tempat tinggal atau kandang kucing dalam keadaan selalu bersih. Dengan begitu, kucing akan tetap bersih dan sehat.

  • Lakukan Pengecekan Kesehatan Secara Rutin

Supaya kucing tetap bugar dan sehat, sebaiknya lakukan pengecekan kesehatan dengan rutin. Lakukanlah pula vaksinasi khusus untuk kucing supaya hindari penyakit tertentu. Anda dapat bawa kucing kesayangan ke dokter hewan yang terdekat.

  • Mengajak Kucing Bermain

Kucing adalah hewan yang suka bermain. Oleh karena itu, sebaiknya ajak kucing bermain supaya tak mudah stres.

Nah, itulah beberapa ciri dan juga cara perawatan kucing Maine Coon. Melakukan perawatan pada kucing dengan baik dan benar akan membuat kucing selalu dalam keadaan sehat, bersih, dan terhindar dari stres. Maka dari itu, Anda sebagai pemilik kucing perlu untuk melakukan perawatan kucing secara rutin.