Lompat ke konten
Home » Perawatan Kucing » Kucing Baru Melahirkan Butuh Perawatan Khusus, Begini Cara Perawatan Kucing Pasca Melahirkan

Kucing Baru Melahirkan Butuh Perawatan Khusus, Begini Cara Perawatan Kucing Pasca Melahirkan

Perawatan Kucing Pasca Melahirkan

Cara merawat kucing pasca melahirkan pastinya tak semudah dibayangkan. Sebab, di tahap ini, kondisi kesehatan dan tubuh kucing sedang tak stabil, sehingga butuhkan perawatan secara intens serta rutin dilakukan tiap hari.

Bagi Anda pemilik kucing yang masih belum tahu cara perawatan kucing pasca melahirkan, berikut ini ada sejumlah langkah yang dapat diikuti dan dilakukan.

Cara Rawat Kucing Setelah Melahirkan

Pasca melahirkan merupakan momen sangat melelahkan bagi setiap ibu, termasuk induk kucing. Sebab, setelah melahirkan, induk kucing dapat terkena masalah kesehatan, seperti demam, puting tampak memar, kelenjar susu meradang, sampai gelisah tiada henti. Berbagai masalah tersebut bisa saja merusak kesehatan fisik dan mental kucing. Demi cegah hal tersebut, penting untuk Anda sebagai pemilik kucing tahu merawat kucing pasca melahirkan.

1. Memberi Ruang Nyaman dan Tenang

Salah satu cara perawatan kucing pasca melahirkan adalah berikan mereka kucing ruang tenang dan nyaman. Pastikan tempat itu pun sepi dan hangat, supaya kebahagiaan kucing dapat kembali.

2. Pastikan Asupan Makanan untuk Kucing Terjaga

Setelah melahirkan, induk kucing tentu saja membutuhkan asupan makanan cukup untuk dukung produksi ASI serta pemulihan. Oleh sebab itu, pastikan pakan kucing diberi nutrisi dan protein tinggi, supaya kesehatannya terjaga.

3. Perhatikan Selalu Kondisi Tubuh

Sebagai pemilik kucing, penting bagi Anda untuk selalu perhatikan kondisi tubuh kucing. Hal ini dapat dilakukan dengan pegang bagian perut, untuk periksa apakah proses melahirkan sudah selesai.

Jika masih ada bagian terasa keras, maka dapat dipastikan proses melahirkan belum selesai. Di dalam sekali bersalin, induk kucing dapat melahirkan satu sampai tujuh anak.

4. Menjaga Bayi Kucing Tetap dalam Keadaan Hangat

Biasanya, anak kucing baru lahir belum dapat untuk menyesuaikan suhu tubuh, serta bergantung sumber panas dari luar. Jadi, pastikan untuk buat anak kucing selalu lakukan kontak fisik dengan induk, supaya tubuh tetap terasa hangat.

5. Melakukan Vaksinasi

Tiap kucing baru lahir pun wajib diberi vaksin dan obat cacing. Untuk itu, konsultasikan hal ini ke dokter, serta putuskan jadwal pemberian vaksin dan obat cacing di waktu dekat.

6. Jaga Asupan Minum

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam merawat kucing pasca melahirkan dan tidak kalah penting adalah harus selalu jaga asupan minum induk serta anak kucing. Oleh sebab itu, letakkan wadah minum bersih serta luas di dekat kucing.

Itulah tadi sejumlah cara yang bisa dilakukan dalam perawatan kucing pasca melahirkan. Perlu diingat, jika kucing yang baru melahirkan membutuhkan perhatian dan perawatan yang baik agar tetap sehat fisik dan mentalnya. Tak hanya induk kucing, anak kucing baru lahir pun perlu juga mendapatkan perawatan khusus untuk menjaga kesehatannya.

Perawatan pasca melahirkan ini, perlu dilakukan untuk kucing ras apapun, seperti perawatan kucing anggora setelah melahirkan.