Lompat ke konten
Home » Perawatan Kucing » Tips Cara Perawatan Kucing Anggora Agar Tetap Sehat

Tips Cara Perawatan Kucing Anggora Agar Tetap Sehat

Cara Perawatan Kucing Anggora

Salah satu jenis kucing yang belakangan ini banyak mencuri perhatian kalangan masyarakat yaitu kucing anggora. Ya, jenis kucing ini begitu menarik perhatian lantaran memiliki beberapa keunikan tersendiri seperti bulunya yang anggun, memiliki kecerdasan tertentu dan lain – lain. Oleh karena itu, bagi Anda di rumah yang mungkin berencana memelihara jenis kucing ini, maka perlu tahu apa saja tips cara perawatan kucing anggora tersebut. Mengenai tata cara perawatannya sendiri, bisa Anda simak baik – baik pada ulasan berikut ini.

Bagaimana Tips Mudah Dalam Perawatan Kucing Anggora?

Sebagai informasi, kucing anggora merupakan salah satu jenis kucing yang berasal dari wilayah Tartar, Kota Ankara, Turki. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa jenis kucing ini memiliki keunikan tersendiri hingga menjadikan banyak orang tertarik untuk menjadikannya sebagai hewan peliharaan di rumah. Diketahui, merawat kucing anggora bukanlah merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, Anda bisa melakukan beberapa langkah perawatan hewan peliharaan tersebut secara mudah cukup dengan langkah – langkah sebagai berikut.

1. Pastikan menyisir bulunya secara rutin

Dalam melakukan perawatan pada kucing anggora, Anda perlu menyisir bulunya secara rutin dan teratur. Pastikan Anda merawat bulu hewan peliharaan tersebut dengan teratur minimal 1 atau 2 kali dalam seminggu. Adapun dalam menyisir kucing tersebut, gunakan sisir yang bergigi rapat atau sikat licin agar dapat menghilangkan rambut berlebih dan mencegah terjadinya rambut kusut.

2. Cara perawatan kucing anggora dengan memberi makanan yang berkualitas

Berikutnya, Anda jangan lupa memberikan kucing makanan yang berkualitas dengan berbagai gizi dan nutrisi yang seimbang. Hal ini bukan tanpa alasan dilakukan, yaitu agar menjadikan tubuh hewan peliharaan tersebut tetap sehat dan terhindar dari berbagai risiko penyakit tertentu. Selain itu, pemberian makanan sehat juga dapat menjaga agar bulunya tetap sehat dan terhindar dari kerontokan.

3. Potong kuku kucing secara rutin

Ketika memutuskan merawat kucing anggora, Anda juga perlu memotong kuku hewan tersebut secara rutin minimal beberapa minggu atau sebulan sekali. Dalam proses memotong kuku kucing ini, Anda bisa memangku hewan tersebut secara perlahan. Namun jika ragu untuk memotongnya sendiri, bisa membawanya ke dokter atau salon hewan terdekat.

4. Jangan lupa perhatikan kondisi kebersihan telinganya

Terakhir, Anda juga perlu memperhatikan mengenai kondisi kebersihan telinga hewan peliharaan tersebut setiap dua minggu sekali. Meski kucing bisa menghilangkan kotoran telinganya sendiri, tetapi terkadang hewan ini juga membutuhkan bantuan dari orang lain. Dalam membersihkan kebersihan telinga kucing, pastikan Anda tidak mendapati bau tidak sedap yang mengindikasikan gangguan kesehatan tertentu

Demikianlah tadi informasi penting untuk Anda seputar beberapa tips cara perawatan kucing anggora yang mudah dilakukan, sehingga kondisi hewan peliharaan tersebut tetap sehat dan terawat.